Curug Kancil di Desa Padasuka Kecamatan Cibatu

314

LOGIKANEWS COM – Wisata alam di Curug Kancil memiliki karakteristik yang menarik dan layak dijadikan destinasi wisata yang ada di Kp. Kancil RT/RW, 05/01, Desa Padasuka, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut

Selain itu, Wisata alam Curug Kancil juga terletak di dataran tinggi yang menawarkan pemandangan alam yang menarik dan juga memiliki cerita tersendiri bagi para pengunjung yang berlibur kesana.

Menurut keterangan yang didapat dari salah satu pengurus Karang Taruna setempat yang sekaligus dipercaya untuk mengelola Curug Kancil mengatakan, “Air terjun atau curug kancil ini sebetulnya sudah lama ada, namun sudah lama terbengkalai, kumuh dan juga banyak rumput rumput liar yang menutupi curug, juga akses jalan yang belum ada, sehingga banyak masyarakat Garut belum mengetahui tempat ini karena memang hutan dan perkebunan warga,” kata Ageng saat ditemui dilokasi Curug.

Kang Atep (Akung, kiri) kang Ageng (engah), kang Awan (kanan), warga kp. Kancil sekaligus pengelola Curug Kancil saat ditemui dilokasi

Maka dari itu, kami bersama warga dan juga rekan rekan dari Asgar Nusantara Ngahiji berinisiatif untuk membersihkan dan mencoba membuka kembali Curug Kancil ini agar bisa dikunjungi masyarakat Kp Kancil Khususnya dan lebih luasnya masyarakat Kabupaten Garut.

“Iya, jadi kami bersama sama berinisiatif untuk membersihkan dan menjadikan curug Kancil ini kembali dibuka dan bisa bermanfaat. Alhamdulillah meski belum sempurna karena terkendala biaya tapi sudah kurang lebih sati bulan ini berjalan lancar, dari mulai membabat rumputnya, membuat gerbang masuknya dari bambu, juga jembatan hingga kolam dimana pengunjung bisa berenang dibawah curug itu,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan, rencana kedepan jika ada biaya mungkin tempat ini akan betul betul direnov seindah mungkin agar memiliki daya tarik yang tinggi bagi para pengunjung, menjadi ramai dan masuk kedalam destinasi wisata favorit yang ada di Kecamatan Cibatu
“Mudah mudahan, ada donaturnya ya? atau dari pihak pemerintah melirik dan memperhatikan Curug Kancil agar supaya bisa berkembang dan bisa menambah juga meningkatkan perekonomian warga Desa Padasasuka ini, amin,” ungkapnya.

Saat ditanya soal pengunjung yang datang, dia mengatakan, untuk hari hari biasa alhamdulillah suka ada yang dateng puluhan tap kalau hari libur Sabtu-Minggu lumayan ratusan.

“Hari libur nyampe ratusan itu termasuk warga lokal juga yang ikut meramaikan tempat ini dan dana yang masuk dari tiket kami gunakan untuk keperluan dan kebutuhan dilokasi Curug, apalagi saat ini kami berencana ingin membangun sebuah mushola dan juga toilet umum agar menambah pengunjung lebih nyaman,” tandasnya.
Ditempat yang sama, Atep atau yang akrab disapa Kang Akung selaku pengurus komunitas Paguyuban Asgar Nusantara DPC Cibatu juga mengatakan, seperti yang dikatakan tadi oleh pak Ageung bahwa, Curug Kancil ini masih banyak yang perlu dibenahi dari mulai tempat parkir, tempat bagi para pedagang dan juga tempat tempat lain dilokasi untuk menambah keindahan Curug.

“Saya berharap ada donatur donatur, atau pemerintah yang bisa melirik dan bisa bersama sama mengembangkan objek wisata curug kancil ini bisa lebih berkembang dan maju sehingga lokasi Curug kancil ini bisa menarik pengunjung atau wisatawan lokal bahkan diluar lokal,” katanya.

Ia menambahkan, hanya sebatas ini yang bisa kami lakukan untuk bagaimana lokasi Curug Kancil ini bisa dibuka kembali dan menjadi aset warga terutama aset Desa Padasuka yang sehingga menumbuhkan perekonomian warga.
“Alhamdulillah walau banyak keterbatasan dan kekurangan anggaran, lokasi Curug Kancil ini sudah mulai dibuka dan kedepannya akan kami usahakan bersama warga dan pihak terkait supaya tempat wisata ini bisa lebih baik dan benyak diminati pengunjung baik lokal maupun diluar Garu,” pungkasnya.

(HM)

IKUTI CHANEL YOUTUBE KAMI JUGA YA

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More