Vaksinasi Covid-19 Sasar Ribuan Ibu Hamil di Purwakarta

32

LOGIKANEWS.COM – Purwakarta saat ini mulai menargetkan ibu hamil untuk vaksinasi covid-19. Sebanyak empat ribu dari 17 ribu ibu hamil akan mendapatkan suntikan vaksinasi. Vaksinasi tersebut digelar di sentra vaksin Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta dan serentak di 17 Puskesmas yang dimulai pada, Senin 30 Agustus 2021.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan vaksinasi yang menyasar ibu hamil tersebut memiliki kriteria tertentu, yakni usia kehamilan harus sudah di atas 13 minggu. “Target sasaran pada minggu ini ada kurang lebih 4 ribu dari jumlah total ibu hamil 17 ribu. Tapi memang yang bisa divaksinasi adalah kehamilan yang di atas 13 minggu,” ujar Ambu Anne.

Menurutnya, vaksinasi terhadap empat ribu ibu hamil dilakukan secara bertahap dengan target selesai pada minggu depan. Untuk saat ini, pemerintah terus melakukan edukasi terkait dengan vaksinasi Covid-19 kepada ibu hamil.

Pasalnya, masih banyak ibu hamil yang ragu dan takut dengan vaksinasi Covid 19. Bupati Ambu Anne bersama dr Purwanto spesialis kandungan di Purwakarta menjamin vaksinasi aman bagi ibu hamil. “Nanti kita akan terus pantau dan mudah-mudahan minggu depan vaksinasi 4 ribu ibu hamil ini sudah bisa kita selesaikan,” ujar Ambu Anne.

Ia juga menjelaskan selain terhadap ibu hamil, vaksinasi Covid-19 juga menyasar pada kalangan ibu menyusui. Data terbaru, jumlah masyarakat Purwakarta yang sudah divaksinasi Covid-19 sudah hampir mencapai 24 persen.

Pada hari yang sama, Bupati Purwakarta didampingi unsur Forkopimda juga melakukan pemantauan vaksinasi bagi pelajar tingkat SLTA, yang dilaksanakan di SMAN 1 Purwakarta. Turut hadir pada pelaksanaan vaksinasi ini, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah SMAN 1 Purwakarta beserta Jajaran, dan Unsur Jabar Bergerak Tingkat Kabupaten Purwakarta.

Pemerintah bersama Forkopimda dan Tim Satgas terus melakukan percepatan vaksinasi. Hal ini dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 bagi para pelajar usia 12-17 tahun di Kabupaten Purwakarta.

Adapun penyuntikan vaksin berguna untuk membentuk kekebalan tubuh dalam melawan dan bertahan dari Covid-19. Ambu Anne mengimbau agar pelajar yang telah melakukan vaksinasi, agar tetap menerapkan protokol kesehatan. Pelajar juga diimbau menginformasikan dan mengajak para pelajar yang lainnya untuk mengikuti vaksinasi juga, karena vaksin ini halal dan aman.

Sesuai dengan target, vaksinasi di SMAN 1 Purwakarta akan diselesaikan pada pekan ini. Adapun jumlah pelajar di SMAN 1 Purwakarta kurang lebih sebanyak 1100 orang, dan yang belum melaksanakan vaksinasi kurang lebih sekitar 200 orang. Diharapkan pada hari Rabu ini sudah selesai 100 persen pelajar yang melaksanakan vaksinasi.

“Pada hari ini sebanyak 500 dosis yang akan di vaksin, dan merupakan dosis pertama. Dimana jenis vaksinasi yang tersedia yaitu Sinovac dan dinyatakan sudah aman,” tutup Ambu Anne. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More