Setelah Audensi Dengan IWO Garut, Pemkab dan DPRD Garut “Terbang” ke Diskominfo Purwakarta

244

LOGIKANEWS.COM – Hari Kamis, tanggal 1 April 2021, sejumlah awak media yang tergabung di Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Garut mendatangi DPRD Garut. Kehadiran puluhan wartawan ini guna melakukan audensi terkait kinerja Diskominfo Garut.

Kedatangan awak media inipun diterima langsung oleh Anggota Komisi I DPRD Garut, dengan menghadirkan pihak Diskominfo Kabupaten Garut. Audensi berlangsung singkat, karena pihak IWO Garut meminta penjadwalan ulang. Pasalnya, saat itu Kepala Diskominfo Garut, Muksin dan beberapa staf lainnya tidak ikut hadir.

Anggpta Komisi DPRD Garut sebelah kanan, IWO Garut dan perwakilan Diskominfo Garut sebelah kiri. (Ft: Asep Ahmad)

“Kami meminta penjadwalan ulang. Saat ini audensi hanya dihadiri Pak Sekretaris dan Kepala Seksie Diskominfo. Kami ingin diatur jadwal dan ingin dihadiri semua perangkat berikut Kepala Diskominfo,” ujar Sekjen IWO Garut, Juhendi mewakili Ketua IWO Garut, Robi Taufik Akbar.

Saat itu, tiga Anggota Anggota Komisi I, H Alit Suherman, Deden Sofyan dan Dadang Sudrajat angkat bicara. Ketiga legislator ini menyampaikan pembahasan anatara Diskominfo dan awak media harus tuntas, jangan sampai kejadian ini terulang lagi.

“Saat ini Pak Kadis tidak ikut hadir, saya minta kalau tidak bisa hadir beritahu kami sebelumnya agar kami bisa menjadwal ulang,” ujar Dadang Sudrajat diamini semua anggota Komisi I DPRD Garut.

H Alit Suherman menjelaskan, Diskominfo harus belajar ke Kabupaten Purwakarta dan Cianjur. Karena dua pemerintahan ini sudah terbukti mampu melakukan kerjasama dan komunikasi yang baik dengan media.

“Tahun lalu sudah saya sampaikan kepada Diskominfo Kabupaten Garut, bahwa kerjasama denga  semua unsur media itu harus baik. Kalau bisa Diskominfo bisa melakukan study banding ke Purwakarta dan Cianjur,” katanya.

Bahas Kerjasama Dengan Media, Pemerintah Garut Datang Ke Purwakarta
Dua Lembaga Pemerintah dari Kabupaten Garut dan Kabupaten Purwakarta berfoto bersama di Halaman Gedung DPRD Purwakarta. (Ft: Ist)

Sementara itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta menerima kunjungan dari DPRD dan jajaran Pemerintah Kabupaten Garut, Rabu 14 April 2021.

Rombongan diterima langsung oleh Kepala Diskominfo Purwakarta, Siti Ida Hamidah beserta jajaran, di Ruang Rapat Common Centre Ogan Lopian, Kompleks Pemerintahan Kabupaten Purwakarta.

Ketua DPRD Kabupaten Garut, Euis Ida Wartiah bersama Anggota Komisi I yang membidangi Komunikasi dan Informatika bertandang ke Kabupaten Purwakarta melakukan konsultasi dan sharing penanganan kemitraan dengan media.

Kata Euis, pihakny memilih Kabupaten Purwakarta karena merupakan daerah yang cukup berhasil melakukan komunikasi dan kemitraan strategis dengan media hingga tercipta iklim yang kondusif dan berhasil melakukan terobosan dalam berbagai sektor pembangunan.

“Purwakarta ini memang istimewa terutama dalam bidang pengelolaan sektor komunikasi dan informatika terlebih dalam menjalin kemitraan dengan media masa baik lokal, regional dan nasional sehingga terbangun iklim yang kondusif,” kata Euis disela-sela kunjungan kerja di Purwakarta, Rabu (14/4/2021).

Euis menyatakan Kabupaten Garut akan belajar dari Purwakarta terkait penanganan kemitraan dengan media melalui dinas Komunikasi dan Informatika.

“Kami datang ke Purwakarta membawa Kepala Dinas Kominfo dan para Kabid dan Kasie terkait untuk melakukan konsultasi dan meniru pola yang dikembangkan di Purwakarta,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Garut, Muksin membernarkan kedatangannya ke Purwakarta atas ajakan Komisi I DPRD Garut untuk melakukan konsultasi terkait penanganan kemitraan dengan media. “Kami mendampingi para Anggota Komisi I DPRD Garut dan melakukan sharing dan diskusi mengambil pola yang dikembangkan di Purwakarta,” ujarnya.

Muksin tidak menampik jika di Kabupaten Garut pihaknya tengah menata dan membangun pola kemitraan dengan media yang kini tumbuh subur seiring dengan perkembangan teknologi informasi.

“Perkembangan teknologi digital telah merubah tatanan media yang semakin dinamis sehingga memerlukan penanganan yang tepat dan selaras sehingga menopang laju pembangunan di Kabupaten Garut,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Purwakarta, Siti Ida Hamidah mengakui pihaknya selama ini membangun pola kemitraan yang kondusif dengan media sehingga menghasilkan keselarasan informasi dalam mendorong percepatan pembangunan  di Purwakarta.

“Kami memang melakukan kerjasama media sejak kepemimpinan Bapak Bupati Dedi Mulyadi yang sangat inten dengan media, beliau sangat populer dikalangan awak media sehingga semua produk pembangunan tersampaikan dengan baik kepada masyarakat melalui kekuatan media,” katanya.

Ida tidak menampik pihaknya mengalokasikan anggaran cukup besar dalam menjalin kemitraan dengan media melalui APBD yang dijalankan sesuai regulasi yang ada.

“Memang anggaran sebelum terkena refokusing Covid-19, kami alokasikan sebanyak Rp 3,5 milar diluar kegiatan lainnya dengan kalangan media, namun saat ini anggaran terpotong refocusing sehingga besarannya berkurang,” tuturnya.

Namun demikian, lanjut Ida pengurangan anggaran kemitraan media tidak membuat hubungan media terganggu karena komunikasi telah terjalin dengan baik dan semua pihak dapat memahami saat bersama-sama harus menghadapi pandemi Covid-19 ini. (Asep Ahmad/Laela)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More