Profil Desa Hegarmanah Perwakilan Garut Lomba BBGRM Ke Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2021

559

 LOGIKANEWS.COM – Desa Hegarmanah terletak di Kecamatan Bungbulang Kabupaten GarutJjawa Barat. Berdiri sejak tahun 2011 dari program pemekaran Desa Hanjuang.  Desa Hegarmanah memiliki luas wilayah 349 hektar yang terbagi pada luas tanah sawah 236 hektar, pemukiman 28 hektar dan sisanya adalah hutan.

Dengan jumlah penduduk 3821 jiwa yang tersebar di 3 dusun  7 RW dan 22 RT. Desa kecil yang berbatasan dengan Desa Margalaksana bagian selatan,  Desa Gunamekar bagian timur, desa Hanjuang bagian barat dan Desa Bungbulang bagian utara kini mampu bermetamorfosa sebagai daerah yang maju, aman dan nyaman.

Desa Hegarmanah memanfaatkan beragam potensi yang ada di wilayahnya seperti pertanian, perkebunan, hutan, peternakan, home industri, sumber daya manusia yang kreatif dan lainnya.

Suasana Matahari terbit di salah satu sudut Desa Hegarmanah. Pemandangan alam di desa ini sangat indah, asri dan segar. (Ft: Tim Logika)
Selayang Pandang Desa Hegarmanah

Kantor Desa Hegarmanah awalnya menempati bangunan posyandu di Kampung Riung dengan ukuran kecil dan tak layak kini sudah berubah fantastis menjadi gedung yang megah dan refresentatif.

Sarana dan prasarana yang terbatas kini terus dibangun dan dimanfaatkan dengan maksimal, sehingga pelayanan yang prima dapat terwujud serta kreatifitas warga pun terus meningkat.

Dalam perkembangannya, Desa Hegarmanah menitikberatkan pada nilai keagamaan, sosial budaya pendidikan, kesehatan,  infrastruktur sebagai program prioritas kesejahteraan  masyarakat.

Hal ini dibuktikan dengan pengembangan 4 bidang inovasi diantaranya bidang ekonomi, sosial budaya dan keagamaan, kemasyarakatan dan lingkungan.

Gedung Kantor Desa Hegarmanah, Kecamatan Bungbulang berdiri kokoh dan refresentatif. (Ft: Tim Logika)
Bidang Ekonomi

Dengan hadirnya fasilitas internet, warga Desa Hegarmanah memanfaatkannya dengan membuat Ok Ojeg yang bisa diakses melalui online. Selain itu, kreativitas warga yang tergabung di komunitas saung rangkai D’Jarong membuat aneka kerajinan dari bahan bambu.

Guna mewujudkan Desa Hegarmanah sebagai daerah yang mampu mewujudkan desa swasembada pisang, pihak desa dan warga terus menggerakan program Tapis atau tanam pisang. Sebagai daerah yang dikelilingi hutan dan lahan pertanian, warga di desa ini mengembangkan produk oleh gula merah dan gula semut dan sudah dipasarkan sampai ke istana presiden Republik Indonesia.

Domba Garut sebagai ikon Kabupaten Garut, maka pihak desa pun mengembangkan peternakan dan budidaya Domba Garut unggulan dengan motto “Ternak Sehat Petani Sejahtera”.

Pendidikan sebagai salah satu program prioritas di Desa Hegarmanah. Nampak anak-anak pelajar melewati Gedung Kantor Desa Hegarmanah. (Ft: Tim Logika)

 

Bidang Sosial Budaya dan Keagamaan

Desa Hegarmanah sangat memperhatikan kesehatan, sehingga disini rutin digelar kegiatan penyuluhan kesehatan, pelayanan kesehatan massal, menggalakan bantuan bagi orang tua lanjut usia.

Guna membangkitkan semangat kepada warganya, pihak desa pun rutin mengadakan lomba kesehatan, dan berusaha melengkapi semua kebutuhan sarana dan prasarana kesehatan sebagai penunjang kesehatan amsyarakat.

Desa Hegarmanah mendukung dengan hadirnya gedung olah raga sebagai pusat latihan beladiri Pencak Silat,Boxer, Tari Jaipong, Angklung serta pembangunan Sirkuit Peto yang menjadi salah satu objek wisata dan pusat kegiatan olahraga di dunia otomotif.

Sebagai daerah yang dikenal memiliki rasa persaudaraan yang tinggi, pengajian rutin dan kegiatan pesantren terus dilakukan guna memupuk kerohanian serta menjaga silturahmi warga

Bidang Kemasyarakatan

Desa Hegarmanah meng utamakan kenyamanan warga. Sehingga desa ini menyiapkan formula  melalui penguatan sistem keamanan dengan peningkatan kemampuan satuan keamanan sipil, pembangunan pos kamling serta menjaga budaya kebersamaan membangun jalan, jembatan  sampai melakukan gotong royong malam.

Bidang Lingkungan

Selain memperhatikan masyarakat,  Desa Hegarmanah membuktikan kepedulian terhadap lingkungan dengan gerakan jumsih atau jumat bersih, membangun sarana pembuangan sampah,  pembangunan jalan lingkungan, jembatan desa, drainase, jamban umum, konservasi, rehabilitasi,  reboisasi lahan kritis, penyuluhan kesehatan lingkungan, pembangunan dan pemeliharaan air bersih dan lainnya.

Gedung Desa Hegarmanah yang megah dilongkapi dengan Gedung Olah Raga (GOR), parkir dan fasilitas pelayanan publik nampak dari atas. (Ft: Tim Logika)

“Sesuai dengan Visi dan Misi Desa Hegarmanah, perjalanan menjadi bagian dari proses pembangunan karakter masyarakat yang kreatif dan inovatif. Semangat gotong royong dan kekompakan menghantarkan desa ini sebagai juara pertama tingkat Kabupaten Garut, sekaligus menjadi perwakilan lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Bersama Masyarakat (BBGRM) tingkat Provinsi Jawa Barat di tahun 2021,” ujar Kepala Desa Hegarmanah, Pendi Effendi.

Menurut Pendi Effendi, kemandirian adalah kekuatan, inovasi dan kreasi menuntun pada kesejahteraan. Hal itu akan ia perjuangkan, sehingga motto Desa Hegarmanah bisa terwujud lebih cepat.

“Desa Hegarmanah Repeh Rapih Betah Tumaninah adalah impian saya dan warga. Guna mewujudkan itu semua maka tentu diperlukan pelatihan, pemikiran, pemahaman dan imlementasi yang nyata  tentang 4 inovasi yang tengah kami jalankan,” paparnya.

Sebagai pemimpin di Desa Hegarmanah, Pendi Effendi mengaku sangat percaya diri apabila Desa Hegarmanah akan menjadi daerah yang maju dalam berbagai sektor. Pasalnya, semua inovasi dan program pembangunan yang ia dambakan semua berjalan sesuai musyawarah.

“Saya optimis Desa Hegarmanah akan menjadi daerah yang Repeh Rapih Betah Tumaninah, karena program pembangunan yang kami jalankan bukanlah hasil pemikiran dan pekerjaan saya sendiri, melainkan hasil musyawarah dan gotong royong antara saya, perangkat desa, BPD dan tokoh dan masyarakat,” katanya.

Dukungan Warga dan Pemerintah
Ketua BPD Hegarmanah, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut. (Ft: Tim Logika)

Pendi Effendi mengucapkan terimakasih kepada semua warganya dan semua pihak yang telah memberikan semangat dan dukungan selama dirinya memimpin Desa Hegarmanah. “Tak ada satu pun kesuksesan yang diperoleh tanpa campur tangan yang lain. Desa Hegarmanah atas izin Allah SWT dan dukungan masyarakat serta semua unsur pemerintah, maka semua program bisa berjalan dengan baik,” tandasnya

Kepala BPD Desa Hegarmanah, Suripto mengatakan, semua kegiatan di Desa Hegarmanah didasari oleh musyawarah desa yang dihadiri oleh semua , desa beserta staf dan dihadiri oleh semua tokoh masyarakat.

“BBGRM ini sasarannya adalah peningkatan peran serta masyarakat, khususnya ekonomi, sosial budaya dan keagamaan, kemasyarakatan dan lingkungan. Kami berharap melalui inovasi desa yang kita bangun bisa mensejahterakan masyarakat,” pungkasnya.  (Asep Ahmad)

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More