Presiden Jokowi Ajukan KSAD Andika Perkasa Jadi Calon Tunggal Panglima TNI

102

LOGIKANEWS.COM – Jelang masa pensiun Panglima TNI Hadi Tjahjanto yakni pada 8 November 2021 mendatang. DPR RI telah menerima Surat Presiden (Surpres) mengenai pencalonan KSAD Jenderal Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI.

Surpres itu sendiri diserahkan ke DPR oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

“Presiden usulkan satu nama untuk mendapat persetujuan. Karena itu Pak Mensesneg, Presiden menyampaikan Surpres mengenai usulan calon Panglima atas nama Jenderal Andika Perkasa,” kata Ketua DPR Puan Maharani, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/11) dilansir dari CNN Indonesia.

Setelah mendapat usulan nama itu, pihaknya akan memproses lewat uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test di Komisi I DPR.

“Komisi I akan melakukan fit and proper test terhadap calon,” ungkapnya.

Diketahui, berdasarkan UU TNI, pencalonan Panglima TNI dimulai dari pengajuan nama dari Presiden ke DPR. Kemudian akan memprosesnya melalui uji kepatutan dan kelayakan.

DPR kemudian akan mengesahkannya di rapat paripurna, untuk kemudian nantinya dilantik oleh Presiden.

Jika disetujui sebagai calon Panglima TNI, Andika akan menggantikan Hadi Tjahjanto karena masa pensiunnya

Sebelumnya, pencalonan Panglima TNI sempat diramaikan oleh nama Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono, selain nama Andika. (*)

 

Sumber : CNN Indonesia

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More