Komitmen SOKSI Dorong Wujudkan Petani yang Mandiri dan Sejahtera

371

LOGIKANEWS.COM – SOKSI memiliki komitmen kuat untuk turut serta mendorong lahirnya petani-petani yang handal, mandiri dan sejahtera. Petani-petani yang handal akan menjaga lingkungan tanah, menjaga kualitas produksi tanaman sembari tetap secara efektif meningkatkan kesejahteraannya.

Hal itu disampaikan Ketua Departemen Tani dan Nelayan Depinas SOKSI, Tonny Ssritua Purba S.P., di Jakarta, pada Selasa (07/06/’22).

Tonny mengatakan bahwa tantangan terbesar ke depan adalah bagaimana mewujudkan hasil pertanian berkualitas untuk memenuhi kebutuhan nutrisi masyarakat sembari tetap menjaga kualitas kesuburan tanah. Persoalan kita selama bertahun-tahun adalah senantiasa berupaya menyuburkan tanaman dengan berbagai jenis pupuk kimia. Sehingga pada saat yang sama, tanpa kita sadari, sesungguhnya kita juga terus merusak dan meracuni tanah.

Sementara, Valentino Barus yang turut hadir mengiyakan pendapat Tonny. “Pengetahuan kita akan kesuburan alam dan tanah nusantara ternyata tidak dibarengi kesadaran untuk terus menjaga dan merawatnya” lanjut Waketum Kaderisasi Depinas SOKSI itu.

Kembali Tonny menimpali, “Tanaman di tanah yang teracuni secara terus menerus dengan berbagai aneka pestisida, akan menghasilkan tanaman yang tidak baik untuk kesehatan. Pada gilirannya hal ini akan mempengaruhi kualitas SDM anak bangsa yang memakan tanaman tersebut,” paparnya.

Tekad SOKSI, lanjut Tonny, “Untuk terlibat aktif dilakukan antara lain melalui penyuluhan, penyediaan pupuk murah yang minim kimia, serta pendampingan selama masa tanam,” beber Tonny sembari menerangkan bahwa kegiatan seperti itu baru saja dilaksanakan
di Lampung Selatan.

Temu dengan ratusan petani dan penyuluhan tentang pupuk hayati murah berkualitas di Way Panji dan Rawa Selapan Lampung Selatan itu diinisiasi oleh Ade Lia, Siti Saodah dan Netty dari Gerakan Perempuan SOKSI (GPS).

Menurut Charles Kosasih dari Koperasi Karyawan Swadiri Indonesia (KKSI), gerakan di lampung akan diikuti dengan provinsi lainnya. “Dalam waktu dekat kami akan ke Sumut dan Jabar,” kata Charles. Dalam hal ini KKSI lebih berperan sebagai pendamping dan nanti pada saatnya akan memikirkan permodalan dan pemasaran produk pertanian tersebut,” Kata Charles.

Terakhir, Tonny juga menyampaikan, saat ini sedang dijajaki kerjasama pemanfaatan lahan kader SOKSI Lampung, diantaranya dengan Ketua Depidar SOKSI Azwar Yacub, Sabnu Alie, Bahagiati SPS dan Sudiyanto. (*)

 

 

TONTON JUGA VIDEO YOUTUBE KAMI

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More