KJB Peduli Dengan Kebersihan Masjid di Tasikmalaya

174

LOGIKANEWS.COM – Secara fisik, masjid adalah bangunan biasa yang terdiri atas lantai, tiang, dan atap. Namun, secara spiritual, masjid adalah poros nadi umat yang sangat fundamental. Selain menjadi perekat umat dimana mereka bisa menebarkan kebajikan, masjid juga merupakan media bagi sang Muslim agar sukses dalam menjalin hubungan vertikal dengan Allah. Melalui masjid, seorang muslim bisa melakukan mi’raj menuju Ilahi.

Demikian yang dipaparkan Ketua Umum KJB (Komunitas Jumat Berkah) Tasikmalaya,  H. Asep Turo kepada Media Logika usai menerima penghargaan HPN Awards 2021 dari PJOT (Persatuan Jurnalis Online Tasikmalaya) dalam kategori Pegiat Sosial dan Kemasyarakatan,  beberapa waktu lalu disalah satu Hotel dikawasan Jl. HZ Mustofa Kota Tasikmalaya.

KJB yang dididirikan pada 21 Desember 2017 itu, ternyata keberadaannya kini sangat dirasakan manfaatnya oleh warga dan sejumlah masjid yang ada di Tasikmalaya.

“Tidak kurang dari 150 masjid yang berada di wilayah Kabupaten dan Kota Tasikmalaya telah menerima manfaat dari jasa kami,  dan semua ini kami lakukan secara gratis dengan didasari lilahita’ala”,  ungkap Asep Turo yang ketika itu didampingi Bendahara Umum KJB Deni Ramdani.

Saat ini,  masih kata dia,  anggota KJB yang tersebar di Kabupaten/Kota Tasikmalaya ada sekitar 50 orang lebih.

Seorang Muslim akan prihatin dan sedih manakala menjumpai seseorang yang dengan seenaknya mengotori masjid dan membiarkan kotoran (sampah) berserakan. Juga tidak etis jika membiarkan bau tak sedap bercokol di tempat wudhu, toilet, atau kamar mandi masjid, sehingga aromanya menyebar dan dihirup orang-orang yang shalat, membaca Alquran, iktikaf, atau ibadah lainnya.

“Dengan demikian, kebersihan dan keasrian masjid jelas mendukung kekhusyukan kaum muslimin dalam beribadah. Oleh karena kami dari komunitas KJB Tasikmalaya sangat peduli dengan kebersihan masjid masjid yang ada di Tasikmalaya,” jelasnya.

Zaman memang sudah berubah dan modern, sehingga masjid-masjid membutuhkan pengurusnya. Namun, membersihkan masjid tentu saja bukan monopoli mereka. Selama mempunyai niat yang mantap, siapa pun punya peluang yang sama untuk mempersiapkan bangunan di surga, yakni dengan membersihkan masjid.

Gerakan sosial yang dilakukan KJB Tasikmalaya, ternyata bukan hanya fokus untuk bersih bersih masjid. Namun ada gerakan kepedulian sosial lainnya yang dilakukan KJB Tasikmalaya,  seperti memberikan makanan seperti snack kepada para mustami saat usai sholat jumat.

“Selain gerakan KJB membersihkan masjid masjid,  juga kamipun selalu rutin melakukan kegiatan sosial lainnya seperti memberikan makanan atau minuman berupa snack ke beberapa masjid di setiap hari jumat secara bergilir ke sejumlah daerah yang ada diwilayah Kab/Kota Tasikmalaya,” ucapnya.

KJB yang memiliki sekretariat di Perum Bumi Sentra Mas, Jl. Letnan Ibrahim Adji, Indihiang Kota Tasikmalaya ini,  dalam aksi sosialnya melakukan pengumpulan dana untuk kegiatan bersumber dari urunan dari para anggota, termasuk sumbangan dari  donatur serta para dermawan lainnya.

Untuk operasional kegiatan KJB selama dilapangan,  menurut Asep Turo, kini baru memiliki satu unit mobil. Walaupun dalam aksi sosialnya dibantu oleh komunitas mobil antik yang tergabung dalam VECTA (Volkswagen Club Tasikmalaya).

“Sebetulnya kami ingin sekali menambah jumlah beberapa unit kendaraan lagi agar dapat menjangkau wilayah lebih luas,  termasuk menambah alat alat pembersih yang lebih modern untuk membersihkan masjid masjid yang ada di Tasikmalaya. Mudah-mudahan niat kami yang baik ini bisa terealisasi,” ujarnya.

Bahkan aksi kepedulian sosial yang dilakukan KJB juga berjibaku dalam kegiatan bhakti sosial lainnya,  selain menyantuni anak yatim,  fakir miskin dan kaum dhuafa,  juga ikut membantu menyumbang beberapa kebutuhan bagi para keluarga korban bencana alam, seperti kegiatan sosial yang dilakukan secara spontanitas baru baru ini memberikan bantuan terhadap para korban banjir di daerah Ciponyo Kecamatan Sukaratu Kab.Tasikmalaya.

“Atas nama KJB saya ingin mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan bantuan yang diberikan oleh para donatur dan dermawan,  khususnya Kang Yanto Oce atas support dan kebaikannya. Sehingga amanah yang dititipkan bisa kami sampaikan kepada mereka yang membutuhkan. Semoga Allah SWT membalas kebaikannya,” pungkasnya. (tono efendi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More