Kabupaten Garut Berhasil Raih Juara Umum Porsadin Ke-6 Tingkat Jabar

390

LOGIKANEWS.COM – Selama hampir kurang lebih 3 hari, Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (Porsadin) ke – 6 tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022 sukses dihelat di Kabupaten Garut. Kabupaten Garut sebagai tuan rumah berhasil meraih juara umum.

Gelar juara umum diraih Kabupaten Garut setelah mendapatkan juara di beberapa cabang yang diperlombakan dalam Porsadin Tingkat Jawa Barat ini, seperti pada cabang Kaligrafi, Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Indonesia, hingga tenis meja.

Kegiatan ini, ditutup secara resmi oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan, yang hadir secara langsung dalam acara penutupan yang digelar di Alun-Alun Garut, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Minggu (31/7/2022).


Dalam sambutannya, Bupati Garut bersyukur karena pihaknya bisa menyelenggarakan salah satu kegiatan yang bergengsi yakni Porsadin ke – 6, yang diselenggarakan dalam rangka meningkatkan tali persaudaraan atau ukhuwah islamiyah di antara semua pihak.

Meski yang keluar sebagai juara umum adalah Kabupaten Garut, ia menilai semua kabupaten/kota yang terlibat dalam Porsadin ini hebat, hanya saja daerahnya bisa juara karena memiliki dukungan yang lebih banyak dari masyarakat yang hadir secara langsung di lokasi kompetisi.


“Semuanya hebat hanya sedikit saja Garut lebih (banyak pendukung), yang lain juga (seperti) Indramayu, Kabupaten Tasik, Cianjur, semuanya menjadi juara, (dan) tentu ini dalam rangka juara lahir batin yang dicanangkan oleh Bapak Gubernur, sebagai visi pimpinan Jawa barat 2018-2023 yaitu Jawa barat Juara Lahir dan Batin,” ujarnya.

Tak lupa, Rudy juga menyampaikan permohonan maaf kepada para peserta, jika seandainya dalam penyelenggaraan Porsadin ada hal-hal yang tidak berkenan. Ia berharap ke depan para kafilah yang berasal dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat bisa bersilaturahmi kembali ke Garut, dan bisa saling tukar-menukar pengetahuan dalam rangka studi tiru. Terlebih, ia menilai Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) ini memiliki kekuatan yang luar biasa.


“Saya selaku Bupati Garut mengucapkan terimakasih kepada seluruh pengurus FKDT pusat, FKDT Provinsi Jawa barat, dan FKDT kabupaten/kota yang telah memberikan sumbangsih besar bagi akhlak – akhlak, bagi kepintaran, kecerdasan, dan yang lainnya,” ungkap Bupati Garut.

Rudy juga mengucapkan selamat kepada para kafilah yang berhasil juara di berbagai cabang perlombaan dalam Porsadin ke – 6 ini, dan menurutnya ini merupakan bekal bagi para peserta kelak di kemudian hari.

Sementara itu, Perwakilan Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Provinsi Jawa Barat, Herry Mulyaman, menuturkan biro kesra merupakan satu-satunya perangkat daerah atau dinas di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, yang memiliki tugas pokok dan fungsi untuk mengurusi urusan bina mental, spiritual atau keagamaan.

Ia menjelaskan Biro Kesra sendiri memiliki beberapa program unggulan seperti satu desa satu hafidz atau sadesha, maghrib mengaji, ajengan masuk sekolah atau AMS, dan english for ulama. Program-program tersebut, imbuh Herry, bertujuan untuk mencapai visi pembangunan Provinsi Jawa Barat 2018-2023 yaitu Mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin dengan Inovasi dan Kolaborasi.

Selain itu, ia juga mengucapkan selamat atas suksesnya penyelenggaraan Porsadin ke – 6 tingkat Provinsi Jawa Barat, Pihaknya juga berterima kasih serta mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Pemkab Garut dan seluruh pihak yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini, khususnya kepada panitia penyelenggara dari FKDT.

“Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan Porsadin ini, bisa semakin memotivasi para santri diniyah untuk terus berprestasi dan menjadi kebanggaan bagi orang tua, bangsa, negara dan agama,” tuturnya.

Dengan suksesnya penyelenggaraan Porsadin ke – 6 tingkat Provinsi Jawa Barat ini, lanjut Herry, akan menjadi modal awal pihaknya untuk menyukseskan penyelenggaraan Porsadin tingkat Nasional Tahun 2022, di mana dalam perhelatan tersebut Provinsi Jawa Barat akan menjadi tuan rumah.

Di tempat lain, Ketua FKDT Kabupaten Garut, Iim Komarudin, menuturkan keluarnya Kabupaten Garut sebagai juara umum Porsadin ke – 6 tingkat Jawa Barat ini merupakan hasil kekompakan FKDT Kabupaten maupun kecamatan, dan juga seluruh kepala maupun guru madrasah diniyah se – Kabupaten Garut, serta bantuan semua stakeholder dari Pemerintah Kabupaten Garut.

“Kalau melihat dari nilai ya, kita sebetulnya beda tipis dengan Kabupaten Tasik, tapi Alhamdulillah kita lebih unggul dibanding Kabupaten Tasik, sehingga kita menjadi juara umum,” tutur Iim, di Sekretariat FKDT Kabupaten Garut, Kampung Panawuan, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.

Ia memaparkan untuk menghadapi Porsadin tingkat provinsi ini, pihaknya melakukan persiapan dengan melaksanakan seleksi yang dimulai dengan Porsadin tingkat desa hingga ke tingkat kabupaten, guna menghasilkan santri-santri madrasah diniyah yang berprestasi sesuai dengan kompetensi.

Selain itu, pihaknya akan mempersiapkan kafilah asal Garut yang juara 1 di tingkat provinsi untuk tampil di tingkat nasional mewakili Provinsi Jawa Barat dengan melakukan pembinaan.

Ia berharap para kafilah asal Garut yang akan mewakili Jawa Barat di tingkat nasional bisa meraih juara. Apalagi, imbuh Iim, santri asal Garut memiliki catatan cukup apik di Porsadin tingkat nasional tahun 2019 lalu dengan menjadi juara 3 tenis meja dan juga juara 3 puisi islami.

“Dan ini juga kita harapkan bukan juara 3 tapi (nanti) kita juara 1, harapan dari kita ini, dulu kita juga sebelum Porsadin (tingkat provinsi) kita harapan juara umum ternyata tercapai (dan) terkabulkan oleh Allah,” tandasnya.

Berikut daftar nama-nama peserta asal Kabupaten Garut peraih juara pada Porsadin ke – 6 tingkat Provinsi Jawa Barat :
1. Naufal A. Muzakky Dwi Putra Juara 1 Kaligrafi Putra asal Kecamatan Selaawi
2. M. Robi Fauzul Mubarok Juara 3 MTQ Putra asal Kecamatan Cikajang
3. Karmila Kirainti Juara 2 MTQ Putri asal Kecamatan Cigedug
4. Fadli Muhammad Hirza Juara 1 Pidato Bahasa Arab Putra asal Kecamatan Karangpawitan
5. Muhammad Ali Juara 1 Pidato Bahasa Indonesia Putra asal Kecamatan Cigedug
6. Yusril Ramdan Ginanjar Juara 1 Tenis Meja Single Putra asal Kecamatan Kersamanah
7. Hisyam Dwi Putra M dan Apriandika Mulya W Juara 2 Tenis Meja Double Putra asal Kecamatan Garut Kota dan Cilawu
8. Santika Safa dan Siti Ismi Adawiyah Juara 1 Tenis Meja Double Putri asal Kecamatan Bayongbong dan Cilawu
9. Rofi Akbar Juara 3 Lari Sprint 100 Meter asal Kecamatan Tarogong Kidul

Berikut 10 besar Porsadin ke – 6 Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022 :
1. Kabupaten Garut
2. Kabupaten Tasikmalaya
3. Kabupaten Indramayu
4. Kabupaten Bandung
5. Kabupaten Cianjur
6. Kota Cimahi
7. Kota Tasik
8. Kabupaten Ciamis
9. Kabupaten Bandung Barat
10. Kota Depok

(Red)

TONTON JUGA VIDEO YOUTUBE KAMI

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More