dr Dwinan Marchiawati: R.A Kartini Adalah Sosok Seorang Tokoh Bagi Kaum Wanita Indonesia

290

LOGIKANEWS.COM– Dalam memperingati Hari Kartini, ternyata memberi makna tersendiri bagi para politisi wanita di Indonesia. Bukan hanya sekedar mengenakan kebaya atau berdandan ala perempuan Jawa, mereka memaknai Hari Kartini sebagai ajang untuk membangkitkan semangat emansipasi. Hal ini tidak lepas dari sosok Raden Ajeng Kartini yang telah menyumbangkan pemikirannya untuk kemajuan bangsa Indonesia, khususnya bagi kaum wanita.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Subang, dr Dwinan Marchiawati, mengatakan, memaknai Hari Kartini adalah sebagai ajang untuk menyadarkan kaum wanita yang secara langsung terjun ke dalam ranah politik, dunia politik tidak hanya diperuntukan bagi kaum laki-laki, akan tetapi sudah banyak kaum wanita yang memiliki kedudukan dalam dunia politik. “Hal ini tentu saja sesuai dengan semangat emansipasi yang telah diterapkan oleh Kanjen Raden Kartini sejak dahulu,” tuturnya, Rabu, (21/04/2021).

Selain itu, lanjut Dwinan, momen Hari Kartini adalah momen yang tepat bagi para wanita yang terus berjuang membaktikan diri secara keilmuan, tenaga dan pikirannya untuk memberikan yang terbaik bagi negeri ini.

“Para tokoh wanita saat ini adalah Kartini jaman now yang termotivasi dari seorang tokoh seperti R.A Kartini, sosok yang rela memperjuangkan kaumnya dengan ide gagasan dan pemikirannya. Disisi itu, tidak akan ada Presiden dari kaum wanita, menteri wanita, dokter wanita, tentara wanita, guru wanita, tanpa perjuangan R.A Kartini,” jelas Dwinan kepada LogikaNews.com

“Para Kartini masa kini harus benar-benar bisa memahami keilmuan yang sesuai dengan bidangnya, agar mampu memaksimalkan kinerja dan bukan hanya sekedar pemanis atau pelengkap saja,” ungkapnya.

Lebih jauh Dwinan menerangkan, menjadi wanita tangguh itu tidak mudah, menjadi wanita cerdas itu penuh perjuangan dan menjadi wanita hebat itu akan selalu menjadi impian terbesar. “Untuk itu, kita harus saling memberikan motivasi serta semangat antar para wanita, agar kita tidak merasa sendiri ketika memperjuangkan segalanya,” kata Dwinan.

Salam kasih bagi para kaum wanita, semangat dan teruslah berjuang tanpa mengenal lelah demi bangsa dan negara. “Selamat Hari Kartini,” pungkasnya. (Janoka Maulana)

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More