Ciptakan Lingkungan Bersih dan Indah, Pemerintah Desa Kamurang Bersama Karang Taruna Gelar Kerjabakti Tanam 160 Pohon Bougenville

62

LOGIKANEWS.COM – Hingga saat ini, ciri khas kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat suatu desa adalah gotong royong atau kerjabakti. Pasalnya, dengan kerja bakti yang dilakukan masyarakat dapat mempermudah dan juga memperlancar kegiatan suatu desa karena dikerjakan bersama-sama dengan tujuan membangun infrastruktur atau pun membersihkan lingkungan.

Hal itu hingga kini masih dilakukan sebagian masyarakat di pedesaan, seperti yang dilakukan pemerintah Desa Kamurang Jati RT.01 RW.01, Desa Sindang Mukti, Kecamatan Kutawaluya, Kabupaten Karawang bersama Karang Taruna setempat yang terjun langsung bersama-sama membersihkan sampah dipinggiran irigasi Kamurang Jaya demi terciptanya lingkungan asri dengan menanam Bougenville sebanyak 160 pohon.

“Gotong royong ini digelar bersama Pemerintah Desa Sindang Mukti dan Karang Taruna bertujuan agar warga tidak membuang sampah disepanjang jalur irigasi Kamurang Jaya serta menciptakan suasana yang bersih dan nyaman dengan memperindah dengan penanaman 160 pohon bougenville “, ucap Rahmawati Dewi Kades Sindang Mukti, Kamis (26/08/2021) kemarin.

Menurutnya, kerja bakti ini bisa dijadikan intropeksi bersama dan memberikan semangat masyarakat untuk menumbuhkan kembali rasa cinta pada lingkungan sekitar.

“Kami dan masyarakat mencoba berikhtiar menumbuhkan rasa cinta pada lingkungan sendiri dan menggalakkan kembali gotong royong. Selain itu masyarakat juga diimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan karena bagaimanapun juga kebersihan lingkungan ini merupakan tanggung-jawab bersama yang harus  dijaga,”  ujar Dewi sapaan akrabnya.

Perlu diketahui, kedepan Pemerintah Desa Sindang Mukti bakal ada rencana untuk mewujudkan Desanya menjadi Desa Wisata. (fi)

Editor: HM/Alma

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More