Banjir dan Tanah Longsor di Garut, Sekda: Penuhi Segera Kebutuhan Pokok Masyarakat Terdampak Bencana

430

LOGIKANEWS.COM – Sekretaris Daerah (Sekda), yang juga selaku Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Nurdin Yana, menginstruksikan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut agar segera menangani kebutuhan pokok masyarakat yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor.

Hal ini disampaikannya pada Rapat Penanggulangan Bencana Banjir dan Tanah Longsor di Kabupaten Garut, yang dilaksanakan di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, Jalan Terus Pahlawan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Minggu (17/7/2022).


“Yang menjadi kebutuhan masyarakat itu harus segera kita tangani, itu yang paling pokok, misal katakanlah ini kebersihan maka kebersihan saya perintahkan nanti kadis Damkar untuk segera turun ke lapangan dan bersama dengan masyarakat, jangan sampai terjadi katakanlah tumpukan sampah yang di rumah masing-masing itu (seperti) lumpur dan sebagainya yang ada di rumah masyarakat itu saya perintahkan,” ujarnya dalam keterangannya.

Selain kebersihan, imbuh Nurdin, material-material bencana pun harus segera ditangani. Selain itu, hal yang harus menjadi perhatian juga adalah terkait kebutuhan pangan pokok bagi masyarakat terdampak.

“Yang ketiga terkait pangan pokok, permakanan itu karena posisi hari ini ada rumahnya (warga) tidak berfungsi sama sekali, maka fungsi pemberi makan itu adalah dominan harus segera diberikan (dan) Dinsos untuk segera masuk, Alhamdulillah kan sudah, semua itu sudah dilaksanakan termasuk (kebutuhan) air bersih, saya juga sudah perintahkan Direktur PDAM,” imbuhnya.

Sekda Garut mengatakan berkaitan dengan kebutuhan air bersih, selain dari Perumda Tirta Intan (PDAM) Garut, ada juga bantuan air bersih dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cisanggarung – Cimanuk.


“PDAM sudah menyiapkan (air bersih), hari ini juga sudah siap, termasuk juga kemudian ada juga dari balai besar, kemudian kita berikan kepada bebeberapa (tempat), sehingga akan kita tempatkan di beberapa titik sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” tandasnya. (Red)

 

TONTON JUGA VIDEO YOUTUBE KAMI

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More