Babinkamtibmas Dan Babinsa Blusukan Ke Lapak Pedagang Hewan Kurban Dan Kandang Ternak Warga

375

LOGIKANEWS.COM – Menjelang Hari raya Idul Adha 2022, jajaran Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta lebih intens blusukan ke kandang ternak milik warga dan pedagang hewan ternak untuk kebutuhan kurban, guna memberikan imbauan kepada peternak agar mewaspadai penyakit mulut dan kuku (PMK) yang merebak di sejumlah daerah akhir-akhir ini. Hal tersebut disampaikan Kapolres Purwakarta, AKBP. Suhardi Hery Haryanto melalui Kapolsek Kota, Kompol. H. Januaryono di sela-sela kegiatan, Jum’at (8/7/2022).

Menurut Kapolsek Kota, Kepolisian Sektor (Polsek) Purwakarta Kota, terus masif mendatangi kandang ternak milik warga dan lapak-lapak pedagang hewan kurban di wilayah hukum Polsek Purwakarta Kota. 


Babinkamtibmas bersama Babinsa di wilayah hukum Polsek Purwakarta Kota terus melakukan kunjungan kepada pemilik ternak atau penjual hewan ternak menjelang Idul Adha yang tinggal beberapa hari lagi.

“Pengecekan dilakukan sebagai langkah awal pencegahan PMK, baik kepada pemilik ternak maupun penjual hewan kurban yang ada di wilayah hukum Polsek Purwakarta Kota,” Terang Januaryono.


Pengecekan tersebut dilakukan mengantisipasi terjadinya pencurian ternak yang dijajakan pedagang hewan kurban maupun ternak milik masyarakat, dengan terus menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap hewan ternak yang dipelihara agar terhindar dari aksi pencurian.

“Jajaran Polsek Purwakarta Kota bersama Babinsa terus meningkatkan patroli, sekaligus berdialog dengan pedagang hewan kurban. Mendatangi lapak-lapak penjual hewan kurban. Menjelang Idul Adha memang rawan terjadi pencurian hewan kurban, untuk itu perlu dilakukan tindakan antisipasi,” Ungkap Kapolsek


Januaryono menambahkan, semua masyarakat harus terus waspadai aksi pencuruan hewan ternak menjelang perayaan Idul adha dengan meningkatkan ketertiban dan keamanan lingkungan.

“Mulai sekarang kegiatan ronda malam harus ditingkatkan, untuk mencegah aksi pencurian hewan kurban menjelang Idul Adha,” katanya.

Guna menekan aksi pencurian hewan kurban yang marak terjadi di daerah lain, pihaknya mengerahkan seluruh anggota Bhabinkamtibmas terus memantau dan memberikan penyuluhan kepada penjual hewan kurban atau masayarakat yang mempunyai hewan ternak. Sehingga keamanan dan ketertiban lingkungan akan tercipta menjelang perayaan hari raya Idul Adha itu.


“Kami juga mengerahkan seluruh anggota untuk siap berpatroli secara rutin kepada masyarakat maupun kepada penjual hewan- hewan ternak yang sering dijajakan di kabupaten Purwakarta,”Terang Januaryono.

Untuk para pedagang, pihaknya berpesan, selalu berhati-hati dalam menerima tamu yang hendak beli hewan kurban, tetap mewaspadai ketika ada yang mencurigakan.

” jangan sampai terjadi penipuan dan perampasan oleh para pelaku kejahatan dengan modus berpura pura membeli hewan kurban, para pedagang atau penjual hewan kurban harus teliti memeriksa uang yang diterima karna khawatir peredaran uang palsu menjelang lebaran haji tahun ini,” Tutur Kompol. H. Januaryono.


(Laela)

TONTON JUGA VIDEO YOUTUBE KAMI

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More