Jelang Mukab Kadin : DPC XTC Garut Minta Verifikasi Calon Ketua Dijalankan Terbuka

75

LOGIKANEWS.COM – Musyawarah Kabupaten (Mukab) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) di garut tidak akan lama lagi akan diselenggarakan. Bahkan, hari kemarin, panitia penyelenggara Steering Committee ( SC) dan Organizing Committee (OC) telah menerima pendaftar yang mengajukan diri sebagai calon Ketua Kadin Kabupaten Garut untuk periode tahun 2020-2025.
Mukab Kadin Garut tahun ini tak luput dari perhatian Gan gan Khusnul Muamar Ketua DPC XTC Garut. Dikatakan Gan gan, selaku organisasi yang didalamnya menjalankan fungsi sosial kontrol berharap, untuk periode mendatang mendapatkan ketua yang bisa memajukan kadin garut. Dengan payung hukum Undang-undang Nomor 1 tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri, untuk menguatkan posisi Kadin sebagai mitra pemerintah serta dapat mengendalikan iklim investasi di daerah bersama Pemkab Garut, kata Gan gan.
Dalam pandangannya, ketua XTC DPC Garut ini, meminta proses verifikasi bakal calon agar dilakukan secara terbuka serta dilakukan pengecekan kepatuhan perusahaan yang ia miliki kepada pemerintah. Contoh, apakah bakal calon/calon tersebut sudah benar dalam perpajakan, baik pajak pribadi maupun pajak perusahaan yang ia miliki. “Verifikasi harus dijalankan terbuka, Saya ingin ketua SC dan OC menjalankan aturan organisasi Kadin sesuai anggaran dasar dan /anggaran rumah tangga (AD/ART) dan Peraturan Organisasi (PO), papar ketua DPC XTC Garut.
Semisal, dalam PO pedoman musyawarah kabupaten/kota pada pasal 13 ayat 3 (c) disebutkan, syarat calon ketua kadin ; berpengalaman dalam kepengurusan Kadin atau Asosiasi/Himpunan dengan ketentuan bahwa calon pernah menjadi pengurus kadin atau Asosiasi/Himpunan ditingkat nasional, propinsi atau kabupaten/kota, yang dibuktikan dengan dokumen yang mendukungnya. Didalam pasal 13 ayat 6 menyatakan, dewan pengurus baik melakukannya langsung atau dengan menunjuk panitia pengarah sebagai pelaksana, harus melakukan validasi dan verifikasi data dan kelengkapan syarat calon ketua, papar Gan gan.
Tentunya Saya berharap, keterwakilan peserta dalam pelaksanaan Mukab Kadin ke VII harus diperhatikan secara jeli, agar tidak terjadi polemik yang berpengaruh buruk bagi kadin kedepan.
“Soal keterwakilan peserta atau pemilih itu penting karena jika tidak, kemungkinan akan terjadi berbagai polemik semisal gugatan dan delegitimasi, yang menyebabkan konflik berkepanjangan”. Kadin bukanlah paguyuban yang dibentuk oleh sekelompok orang demi kepentingan perut sekelompok tertentu, hal ini jelas tertera dalam UUD yang berlaku di negeri ini, tegas ketua DPC XTC Garut. (Ridwan Arief)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More